Perang Sport Tourer 1000cc
Berikut adalah
kandidat Sport Tourer 1000cc yaitu Kawasaki Ninja 1000 (Z1000SX), Suzuki GSX (Grand
Sport eXperimental)-S1000F dan Ducati SuperSport.
Dari ketiga motor
diatas, Ducati mempunyai desain/bodywork yang lebih compact dan lebih tajam
dari kedua Sport Tourer Jepang diatas. Dimulai dari Kawasaki Ninja 1000 dan
Ducati SuperSport dulu, karena kedua motor ini sama sama diperkenalkan di
Intermot 2016 Cologne, Jerman. Sedangkan Suzuki GSX-S1000F sudah memulai
debutnya pada ajang Intermot 2014 di Cologne, Jerman. Suzuki tentunya
memperkenalkan ‘lineup’ terbarunya pada saat itu, yaitu GSX-S1000 sebagai model
naked street fighternya dan GSX-S1000F sebagai model Sport Touringnya yang
berbeda dengan Suzuki GSX-R1000 yang merupakan model SuperSport/PureSport/Sport
Tulen.
SUZUKI GSX-S1000F
Ternyata mesin
yang dipakai oleh GSX-S1000F sama dengan mesin yang dipakai oleh GSX-R1000
tahun 2005–2008 yaitu berkapasitas 993cc, berpendingin cairan, 4-tak, 4
silinder silinder segaris, DOHC, 16 katup dan dilengkapi dengan Suzuki Twin
Swirl Combustion Chamber (TSCC). Frame/Sasis yang digunakan oleh GSX-S1000F yaitu
sasis alumunium. Sektor suspensi yaitu bagian depan menggunakan upside down 43mm
dari KYB serta bagian belakang menggunakan monoshock dari KYB juga.
Pada panel
instrumentnya, GSX-S1000F dilengkapi dengan panel indikator LCD yang
multifungsi. GSX-S1000F ini dilengkapi fitur ABS (Anti-Lock Braking System)
sebagai varian standardnya. Pastinya bagian mesin sudah menggunakan kontrol
elektronik. GSX-S1000F kalau dilihat memang berbeda dari seri GSX yang lain
karena memakai Dual Keen HeadLight. GSX-S1000F ini dilengkapi fitur (Riders
Aid) yaitu ABS sebagai standard dan 3 Mode Traction Control.
KAWASAKI NINJA 1000
Ninja 1000
merupakan salah satu sport tourer berkubikasi 1043cc dengan body full fairing
dan desain yang sporty dan agresif dan memberikan ergonomi yang cukup nyaman. Ninja
1000 facelift ini juga mengalami perubahan pada body fairing yang lebih lebar,
agresif dan tajam mengikuti ZX10R. Walaupun mengalami perubahan pada
fairingnya, tetapi Ninja 1000 ini masih menggunakan mesin yang sama seperti Ninja
1000 Generasi pertama (2011-2016) yaitu 1043cc, berpendingin cairan, 4 tak, 4
silinder segaris, DOHC, 16 katup yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 140hp
pada 9600 rpm dan torsi maksimal 111 nm pada 8800 rpm. Di Indonesia Ninja 1000
ini juga disebut Z1000SX seperti Z1000 versi fairingnya. Sayangnya motor ini
tidak masuk Indonesia untuk versi 2017nya
Ninja 1000 ini
dilengkapi fitur assist & slipper clutch,KTRC (Kawasaki Traction Control)
dengan 3 mode pilihan, ABS sebagai standard, KIBS (Kawasaki Intelligent
anti-lock Brake System), Horizontal Back-link Rear Suspension yang diklaim
mampu menyeimbangkan beban pada titik tengah, KCMF (Kawasaki Cornering
Management Function), IMU (Inertial Measurement Unit), Power mode yang memungkinkan
rider mengubah gaya riding, jadi tenaganya dapat disetel agar lebih hemat bahan
bakar pada mode low power yang bermanfaat pada jalanan yang macet, Dual
Throttle Valves, Economical Riding Indicator dan Winshield yang dapat diatur
sesuai keinginan rider.
DUCATI SUPERSPORT
Pada Intermot
2016 Ducati memperkenalkan line-up terbarunya yaitu Ducati SuperSport dan
SuperSport S yang bergenre Sport Touring jika line-up Panigalenya sebagai
SuperSport. Ducati SuperSport tipe S (Speciale) berbeda dengan tipe yang
Standard, jika tipe standard menggunakan suspensi depan dari Marzocchi
berdiameter 43mm dan suspensi belakang monoshock dari Sachs; tipe yang S ini menggunakan
suspensi depan Ohlins berdiameter 48mm dan suspensi belakang monoshock dari
Ohlins dengan tabung dilengkapi dengan Quickshift up/down serta Passenger Seat
Cover atau cover jok belakang. Ducati SuperSport ini memiliki jantung pacu 937cc,
Liquid-Cooled, Testastretta 11° (dari Hypermotard 939), L-Twin Cylinder,
Desmodromic, 4 Valves Per Cylinder bertenaga 110 hp pada putaran 9000 rpm.
Ducati SuperSport
ini mempunyai Ducati Traction Control (DTC), ABS (Anti-Lock Braking System) 9MP
dari Bosch, Speedometer Full LCD, Windshield yang bisa diatur sesuai keinginan,
Ride-by-Wire, Ducati Quick Shift (DQS) untuk varian S dan menggunakan Single
Sided Swing Arm yang kelihatan keren.
Harga
(Berdasarkan MSRP Website Resmi *2019) www.globalsuzuki.com,
kawasaki.com, ducati.com
*MSRP (Manufacturer's
Suggested Retail Price)
1 USD = 14.156.88
*April 2019
GSX-S1000F
|
$11,299 x 14,156.88
|
Rp 159.962.800
|
Ninja 1000
|
$12,199 x 14,156.88
|
Rp 172.703.200
|
SuperSport
|
$12,995 x 14,156.88
|
Rp 184.028.000
|
SuperSport S
|
$15,195 x 14,156.88
|
Rp 215.171.200
|
Berikut adalah
Spesifikasi lengkapnya :
Technical
|
Kawasaki
Ninja 1000
(2017
– 2019)
|
Suzuki
GSX-S1000F
(2015
– 2019)
|
Ducati
SuperSport 939
(2017
– 2019)
|
ENGINE
|
|
|
|
Engine
|
1043cc, Liquid-Cooled, 4-Stroke, Transverse Inline 4
|
993cc, Liquid-Cooled, 4-Stroke, Transverse Inline 4, Suzuki
Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC)
|
937cc, Liquid-Cooled, Testastretta 11°, L-Twin 2 Cylinder
|
Valve Train
|
DOHC, 4 Valves per Cylinder
|
DOHC, 4 Valves per Cylinder
|
Desmodromic, 4 Valves per Cylinder
|
Fuel Delivery System/Iduction
|
DFI with Dual Throttle Valve, ø38 mm x 4 (Keihin) throttle
bodies with oval sub-throttles
|
EFI with SDTV (Suzuki Dual Throttle Valve), ø44mm x 4 throttle
bodies
|
Continental EFI, ø53 mm x 2 (Mikuni) throttle bodies
with full Ride-by-Wire
|
Lubrication
|
Wet-Sump
|
Wet-Sump
|
Wet-Sump
|
Bore x Stroke
|
77.0 x 56.0 mm
|
73.4 x 59.0 mm
|
94.0 x 67.5 mm
|
Compression Ratio
|
11.8 : 1
|
12.2 : 1
|
12.6 ± 0.5 :1
|
Max. Power
|
140
hp @ 9,600 rpm
|
143 hp @ 10,000 rpm
|
110 hp @ 9,000 rpm
|
Max. Torque
|
111 Nm @ 8,800 rpm
|
106 Nm @ 9,500 rpm
|
93 Nm @ 6,500 rpm
|
Starter
|
Electric
|
Electric
|
Electric
|
Emission Standard
|
Euro 4
|
Euro 4
|
Euro 4
|
Power to Weight
|
0.44 kW/kg (0.27 hp/lb)
|
0.50 kW/kg (0.30 hp/lb)
|
0.40 kW/kg (0.24 hp/lb)
|
Weight to Power
|
2.30 kg/kW (3.76 lb/hp)
|
2.00 kg/kW (3.30 lb/hp)
|
2.56 kg/kW (4.21 lb/hp)
|
GEARBOX
|
|
|
|
Primary Reduction Ratio
|
1.627 (83/51)
|
1.553 (73/47)
|
Straight Cut Gears; Ratio 1.840
|
Transmission
|
6-Speed Constant Mesh
|
6-Speed Constant Mesh
|
6-Speed
|
Clutch
|
Wet multi-disc, Manual
|
Wet multiplate clutch Hydraulically-Actuated
|
Wet multiplate clutch Mechanically Operated, Self-Servo
Action On Drive, Slipper Action on Over-Run
|
Gear Ratio
|
1 = 39/15 (2.600)
2 = 39/20 (1.950)
3 = 24/15 (1.600)
4 = 25/18 (1.389)
5 = 26/21 (1.238)
6 = 31/28 (1.107)
|
N/A
|
1 = 37/15 (2.467)
2 = 30/17 (1.764)
3 = 28/20 (1.400)
4 = 26/22 (1.181)
5 = 24/23 (1.043)
6 = 23/24 (0.958)
|
Final Reduction Ratio
|
Chain; 2.733 (41/15)
|
Chain; 2.588 (44/17)
|
Chain; 2.867 (43/15)
|
BRAKES
|
|
|
|
ABS
|
Comes with ABS as standard
|
Comes with ABS as standard
|
Comes with ABS as standard
|
Front Brake
|
Dual semi-floating 300 mm Petal Discs, Dual Radial-Mount
Monobloc Calipers, Opposed 4-Piston, ABS
|
Dual floating 310 mm Petal Disc, Dual Brembo
Radial-Mount Monobloc Calipers, Opposed 4-Piston, ABS
|
Dual semi-floating 320 mm Petal Discs, Dual Brembo
M4-32 Radial-Mount Monobloc Callipers, 4-Piston, Radial Pump, ABS as standard
|
Rear Brake
|
Single 250 mm Petal Disc, Single-Piston Caliper, ABS
|
Single 220 mm petal disc, Nissin Single-Piston Caliper,
ABS
|
Single 245 mm Petal Disc, 2-Piston Caliper, ABS as
standard
|
SUSPENSION
|
|
|
|
Front Suspension
|
Showa 41mm Inverted Fork, Stepless Compression and Rebound
Damping and Spring Preload Adjustability
|
KYB 43mm Inverted Fork, Fully Adjustable, Coil Spring,
Oil Damped
|
Marzocchi 43mm Inverted Fork, Fully Adjustable
|
SuperSport S:
Ohlins 48mm Inverted Fork, Fully Adjustable
|
|||
Rear Suspension
|
Showa shock Horizontal Back-Link, Gas-Charged, with Stepless
Rebound damping and Remote Spring Preload Adjustability. Double-Sided
Swingarm
|
KYB Monoshock. Link Type, with Adjustable Rebound and Spring
Preload. Coil Spring, Oil Damped Aluminium Double-Sided Swingarm
|
Progressive Linkage with Fully Adjustable Sachs Monoshock.
Aluminium Single-Sided Swingarm
|
Progressive Linkage with Fully Adjustable Ohlins Monoshock.
Aluminium Single-Sided Swingarm
|
|||
Front Wheel Travel
|
120 mm
|
120 mm
|
130 mm
|
Rear Wheel Travel
|
144 mm
|
130 mm
|
144 mm
|
TYRES & WHEELS
|
|
|
|
Front Tyre
|
Bridgestone® S20 Hypersport 120/70ZR17M/C (58W)
Tubeless
|
Dunlop Sportmax D214 M 120/70ZR17M/C (58W) Tubeless
|
Pirelli Diablo Rosso III
120/70 ZR17 (58W) Tubeless
|
Rear Tyre
|
Bridgestone® S20 Hypersport 190/50ZR17M/C (73W)
Tubeless
|
Dunlop Sportmax D214 M 190/50ZR17M/C (73W) Tubeless
|
Pirelli Diablo Rosso III
180/55 ZR17 (73W) Tubeless
|
Front Rim
|
V shaped, 3-spoke 3.50 x 17 in. Alloy
|
V shaped, 3-spoke 3.50 x 17 in. Alloy
|
Y shaped, 3-spoke in light Alloy 3.50 x 17 in.
|
Rear Rim
|
V shaped, 3-spoke 6.00 x 17 in. Alloy
|
V shaped, 3-spoke 6.00 x 17 in. Alloy
|
Y shaped, 3-spoke in light Alloy 5.50 x 17 in.
|
FRAME & DIMENSION
|
|
|
|
Fuel Tank Capacity
|
19 L
|
17 L
|
16 L
|
Oil Capacity
|
4 L
|
|
|
Frame/Chassis
|
Twin-tube, aluminium
|
Twin-spar, Aluminium w/ Cast Aluminum Swingarm
|
Tubular Steel Trellis frame attached to the Cylinders Head
|
Exhaust/Muffler
|
4-1-2 System
|
4-2-1 System
|
Lightweight 2-1-2 System with Catalytic Converter and Two
Lambda Probes. Twin Aluminium Mufflers
|
Dimension
|
2100 x 790 x 1185 mm
|
2115 x 795 x 1180 mm
|
2070 x 750 x 1150 mm
|
Wheelbase
|
1440 mm
|
1460 mm
|
1478 mm
|
Ground Clearance
|
130 mm
|
140 mm
|
N/A
|
Rake & Trail
|
24.5° & 102 mm
|
25° & 100 mm
|
24° & 91 mm
|
Steering Angle
|
31°(Left), 31°(Right)
|
N/A
|
N/A
|
Seat Height
|
815 mm
|
810 mm
|
810 mm
|
Weight
|
239 kg
|
214 kg
|
210 kg
|
HeadLight
|
LED (Hi-2 / Low-2)
|
Halogen (Hi-2 / Low-2)
|
LED (Hi-2 / Low-2)
|
TailLight
|
LED x 11 (tail), LED x 11 (stop)
|
LED x 9 (tail), LED x 9 (stop)
|
LED x 8 (tail), LED x 8 (stop)
|
Komentar
Posting Komentar