Perang Sport Tourer 1000cc



Berikut adalah kandidat Sport Tourer 1000cc yaitu Kawasaki Ninja 1000 (Z1000SX), Suzuki GSX (Grand Sport eXperimental)-S1000F dan Ducati SuperSport.

Dari ketiga motor diatas, Ducati mempunyai desain/bodywork yang lebih compact dan lebih tajam dari kedua Sport Tourer Jepang diatas. Dimulai dari Kawasaki Ninja 1000 dan Ducati SuperSport dulu, karena kedua motor ini sama sama diperkenalkan di Intermot 2016 Cologne, Jerman. Sedangkan Suzuki GSX-S1000F sudah memulai debutnya pada ajang Intermot 2014 di Cologne, Jerman. Suzuki tentunya memperkenalkan ‘lineup’ terbarunya pada saat itu, yaitu GSX-S1000 sebagai model naked street fighternya dan GSX-S1000F sebagai model Sport Touringnya yang berbeda dengan Suzuki GSX-R1000 yang merupakan model SuperSport/PureSport/Sport Tulen.


SUZUKI GSX-S1000F
Ternyata mesin yang dipakai oleh GSX-S1000F sama dengan mesin yang dipakai oleh GSX-R1000 tahun 2005–2008 yaitu berkapasitas 993cc, berpendingin cairan, 4-tak, 4 silinder silinder segaris, DOHC, 16 katup dan dilengkapi dengan Suzuki Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC). Frame/Sasis yang digunakan oleh GSX-S1000F yaitu sasis alumunium. Sektor suspensi yaitu bagian depan menggunakan upside down 43mm dari KYB serta bagian belakang menggunakan monoshock dari KYB juga.

Pada panel instrumentnya, GSX-S1000F dilengkapi dengan panel indikator LCD yang multifungsi. GSX-S1000F ini dilengkapi fitur ABS (Anti-Lock Braking System) sebagai varian standardnya. Pastinya bagian mesin sudah menggunakan kontrol elektronik. GSX-S1000F kalau dilihat memang berbeda dari seri GSX yang lain karena memakai Dual Keen HeadLight. GSX-S1000F ini dilengkapi fitur (Riders Aid) yaitu ABS sebagai standard dan 3 Mode Traction Control.



KAWASAKI NINJA 1000
Ninja 1000 merupakan salah satu sport tourer berkubikasi 1043cc dengan body full fairing dan desain yang sporty dan agresif dan memberikan ergonomi yang cukup nyaman. Ninja 1000 facelift ini juga mengalami perubahan pada body fairing yang lebih lebar, agresif dan tajam mengikuti ZX10R. Walaupun mengalami perubahan pada fairingnya, tetapi Ninja 1000 ini masih menggunakan mesin yang sama seperti Ninja 1000 Generasi pertama (2011-2016) yaitu 1043cc, berpendingin cairan, 4 tak, 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 140hp pada 9600 rpm dan torsi maksimal 111 nm pada 8800 rpm. Di Indonesia Ninja 1000 ini juga disebut Z1000SX seperti Z1000 versi fairingnya. Sayangnya motor ini tidak masuk Indonesia untuk versi 2017nya

Ninja 1000 ini dilengkapi fitur assist & slipper clutch,KTRC (Kawasaki Traction Control) dengan 3 mode pilihan, ABS sebagai standard, KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System), Horizontal Back-link Rear Suspension yang diklaim mampu menyeimbangkan beban pada titik tengah, KCMF (Kawasaki Cornering Management Function), IMU (Inertial Measurement Unit), Power mode yang memungkinkan rider mengubah gaya riding, jadi tenaganya dapat disetel agar lebih hemat bahan bakar pada mode low power yang bermanfaat pada jalanan yang macet, Dual Throttle Valves, Economical Riding Indicator dan Winshield yang dapat diatur sesuai keinginan rider.



DUCATI SUPERSPORT
Pada Intermot 2016 Ducati memperkenalkan line-up terbarunya yaitu Ducati SuperSport dan SuperSport S yang bergenre Sport Touring jika line-up Panigalenya sebagai SuperSport. Ducati SuperSport tipe S (Speciale) berbeda dengan tipe yang Standard, jika tipe standard menggunakan suspensi depan dari Marzocchi berdiameter 43mm dan suspensi belakang monoshock dari Sachs; tipe yang S ini menggunakan suspensi depan Ohlins berdiameter 48mm dan suspensi belakang monoshock dari Ohlins dengan tabung dilengkapi dengan Quickshift up/down serta Passenger Seat Cover atau cover jok belakang. Ducati SuperSport ini memiliki jantung pacu 937cc, Liquid-Cooled, Testastretta 11° (dari  Hypermotard 939), L-Twin Cylinder, Desmodromic, 4 Valves Per Cylinder bertenaga 110 hp pada putaran 9000 rpm.

Ducati SuperSport ini mempunyai Ducati Traction Control (DTC), ABS (Anti-Lock Braking System) 9MP dari Bosch, Speedometer Full LCD, Windshield yang bisa diatur sesuai keinginan, Ride-by-Wire, Ducati Quick Shift (DQS) untuk varian S dan menggunakan Single Sided Swing Arm yang kelihatan keren.

Harga (Berdasarkan MSRP Website Resmi *2019) www.globalsuzuki.com, kawasaki.com, ducati.com
*MSRP (Manufacturer's Suggested Retail Price)

1 USD = 14.156.88 *April 2019

GSX-S1000F
$11,299 x 14,156.88
Rp 159.962.800
Ninja 1000
$12,199 x 14,156.88
Rp 172.703.200
SuperSport
$12,995 x 14,156.88
Rp 184.028.000
SuperSport S
$15,195 x 14,156.88
Rp 215.171.200


Berikut adalah Spesifikasi lengkapnya :


Technical
Kawasaki Ninja 1000
(2017 – 2019)
Suzuki GSX-S1000F
(2015 – 2019)
Ducati SuperSport 939
(2017 – 2019)
ENGINE



Engine
1043cc, Liquid-Cooled, 4-Stroke, Transverse Inline 4
993cc, Liquid-Cooled, 4-Stroke, Transverse Inline 4, Suzuki Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC)
937cc, Liquid-Cooled, Testastretta 11°, L-Twin 2 Cylinder
Valve Train
DOHC, 4 Valves per Cylinder
DOHC, 4 Valves per Cylinder
Desmodromic, 4 Valves per Cylinder
Fuel Delivery System/Iduction
DFI with Dual Throttle Valve, ø38 mm x 4 (Keihin) throttle bodies with oval sub-throttles
EFI with SDTV (Suzuki Dual Throttle Valve), ø44mm x 4 throttle bodies
Continental EFI, ø53 mm x 2 (Mikuni) throttle bodies with full Ride-by-Wire
Lubrication
Wet-Sump
Wet-Sump
Wet-Sump
Bore x Stroke
77.0 x 56.0 mm
73.4 x 59.0 mm
94.0 x 67.5 mm
Compression Ratio
11.8 : 1
12.2 : 1
12.6 ± 0.5 :1
Max. Power
140 hp @ 9,600 rpm
143 hp @ 10,000 rpm
110 hp @ 9,000 rpm
Max. Torque
111 Nm @ 8,800 rpm
106 Nm @ 9,500 rpm
93 Nm @ 6,500 rpm
Starter
Electric
Electric
Electric
Emission Standard
Euro 4
Euro 4
Euro 4
Power to Weight
0.44 kW/kg (0.27 hp/lb)
0.50 kW/kg (0.30 hp/lb)
0.40 kW/kg (0.24 hp/lb)
Weight to Power
2.30 kg/kW (3.76 lb/hp)
2.00 kg/kW (3.30 lb/hp)
2.56 kg/kW (4.21 lb/hp)
GEARBOX



Primary Reduction Ratio
1.627 (83/51)
1.553 (73/47)
Straight Cut Gears; Ratio 1.840
Transmission
6-Speed Constant Mesh
6-Speed Constant Mesh
6-Speed
Clutch
Wet multi-disc, Manual
Wet multiplate clutch Hydraulically-Actuated
Wet multiplate clutch Mechanically Operated, Self-Servo Action On Drive, Slipper Action on Over-Run
Gear Ratio
1 = 39/15 (2.600)
2 = 39/20 (1.950)
3 = 24/15 (1.600)
4 = 25/18 (1.389)
5 = 26/21 (1.238)
6 = 31/28 (1.107)
N/A
1 = 37/15 (2.467)
2 = 30/17 (1.764)
3 = 28/20 (1.400)
4 = 26/22 (1.181)
5 = 24/23 (1.043)
6 = 23/24 (0.958)
Final Reduction Ratio
Chain; 2.733 (41/15)
Chain; 2.588 (44/17)
Chain; 2.867 (43/15)
BRAKES



ABS
Comes with ABS as standard
Comes with ABS as standard
Comes with ABS as standard
Front Brake
Dual semi-floating 300 mm Petal Discs, Dual Radial-Mount Monobloc Calipers, Opposed 4-Piston, ABS
Dual floating 310 mm Petal Disc, Dual Brembo Radial-Mount Monobloc Calipers, Opposed 4-Piston, ABS
Dual semi-floating 320 mm Petal Discs, Dual Brembo M4-32 Radial-Mount Monobloc Callipers, 4-Piston, Radial Pump, ABS as standard
Rear Brake
Single 250 mm Petal Disc, Single-Piston Caliper, ABS
Single 220 mm petal disc, Nissin Single-Piston Caliper, ABS
Single 245 mm Petal Disc, 2-Piston Caliper, ABS as standard
SUSPENSION



Front Suspension
Showa 41mm Inverted Fork, Stepless Compression and Rebound Damping and Spring Preload Adjustability
KYB 43mm Inverted Fork, Fully Adjustable, Coil Spring, Oil Damped
Marzocchi 43mm Inverted Fork, Fully Adjustable

SuperSport S:
Ohlins 48mm Inverted Fork, Fully Adjustable
Rear Suspension
Showa shock Horizontal Back-Link, Gas-Charged, with Stepless Rebound damping and Remote Spring Preload Adjustability. Double-Sided Swingarm
KYB Monoshock. Link Type, with Adjustable Rebound and Spring Preload. Coil Spring, Oil Damped Aluminium Double-Sided Swingarm
Progressive Linkage with Fully Adjustable Sachs Monoshock. Aluminium Single-Sided Swingarm
Progressive Linkage with Fully Adjustable Ohlins Monoshock. Aluminium Single-Sided Swingarm
Front Wheel Travel
120 mm
120 mm
130 mm
Rear Wheel Travel
144 mm
130 mm
144 mm
TYRES & WHEELS



Front Tyre
Bridgestone® S20 Hypersport 120/70ZR17M/C (58W) Tubeless
Dunlop Sportmax D214 M 120/70ZR17M/C (58W) Tubeless
Pirelli Diablo Rosso III
120/70 ZR17 (58W) Tubeless
Rear Tyre
Bridgestone® S20 Hypersport 190/50ZR17M/C (73W) Tubeless
Dunlop Sportmax D214 M 190/50ZR17M/C (73W) Tubeless
Pirelli Diablo Rosso III
180/55 ZR17 (73W) Tubeless
Front Rim
V shaped, 3-spoke 3.50 x 17 in. Alloy
V shaped, 3-spoke 3.50 x 17 in. Alloy
Y shaped, 3-spoke in light Alloy 3.50 x 17 in.
Rear Rim
V shaped, 3-spoke 6.00 x 17 in. Alloy
V shaped, 3-spoke 6.00 x 17 in. Alloy
Y shaped, 3-spoke in light Alloy 5.50 x 17 in.
FRAME & DIMENSION



Fuel Tank Capacity
19 L
17 L
16 L
Oil Capacity
4 L


Frame/Chassis
Twin-tube, aluminium
Twin-spar, Aluminium w/ Cast Aluminum Swingarm
Tubular Steel Trellis frame attached to the Cylinders Head
Exhaust/Muffler
4-1-2 System
4-2-1 System
Lightweight 2-1-2 System with Catalytic Converter and Two Lambda Probes. Twin Aluminium Mufflers
Dimension
2100 x 790 x 1185 mm
2115 x 795 x 1180 mm
2070 x 750 x 1150 mm
Wheelbase
1440 mm
1460 mm
1478 mm
Ground Clearance
130 mm
140 mm
N/A
Rake & Trail
24.5° & 102 mm
25° & 100 mm
24° & 91 mm
Steering Angle
31°(Left), 31°(Right)
N/A
N/A
Seat Height
815 mm
810 mm
810 mm
Weight
239 kg
214 kg
210 kg
HeadLight
LED (Hi-2 / Low-2)
Halogen (Hi-2 / Low-2)
LED (Hi-2 / Low-2)
TailLight
LED x 11 (tail), LED x 11 (stop)
LED x 9 (tail), LED x 9 (stop)
LED x 8 (tail), LED x 8 (stop)

Komentar